YAYASAN AL-ISTIQOMAH KAJEN

Wednesday, January 9, 2019

MENGENAL MAKNA LOGO PAUD dan LOGO PAUD AL-STIQOMAH KAJEN

"TAK KENAL MAKA TAK SAYANG" begitu pepatah mengatakan...Maka dari itu di postingn ini mari kita mengenal Makna dan Arti dari Lambang Logo PAUD di Indonesia.

 Anak usia PUAD dan TK serta RA memiliki kesempatan yang luas untuk belajar. MAka sekarang mulai tumbuh tempat belajar yang menamakan diri sebagai TK dan PAUD, serta RA dan TPA (Tempat Penitipan Anak) namun sebaiknya diubah jadi Tempat PENDIDIKAN atau PENAGASUHAN ANAK, jadi singkatan TPA ada nilai dan unsuur pendidikan dan pengasuhan. Berikut kami berikan uraian tentang RA dan TK serta PAUD.

A. ARTI LOGO
  Arti LOGO menurut wikipedia.org dapat diartikan sebagai berikut:
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. (Sumber: wikipedia)

B. Makna Logo PAUD

Penjelasan arti lambang dan makna logo PAUD dilihat dari sisi filosofinya
1. Bentuk segi lima logo paud

Segi lima menggambarkan tentang Pancasila yang berisi lima sila.  Yang mana Pancasila (5 sila) merupakan landasan sikap dan peranan keluarga dalam pendidikan, pemberian gizi dan pemeliharaan kesehatan anak serta penanaman sikap moral dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Gambar orang tua menuntun anak

Filosofi gambar ini memberikan makna dwi fungsi orang tua yang bertugas untuk mengayomi anak dengan tetap memberikan kebebasan akan tetapi orang tetap menuntun dan memberikan pengarahan kepada anak. (Filosofi dari Tut Wuri Handayani)

3.  Makna gambar dua anak

Loga dua anak ini bermakna lambang kemitrasejajaran atau persamaan antara anak laki-laki dan anak perempuan dalam memperoleh asuhan tumbuh kembang yang optimal

4. Lambang bulat di perut

Bulat di perut bermakna bahwa orang tua memiliki peran penting dalam menentukan masa depan anak sejak anak usia dini yaitu sejak anak masih dalam kandungan.

5. Gambar tiga buku

Ada tiga makna yang bisa diambil filosofinya yaitu

a. Buku 1 melambangkan aspek keimanan, moral dan emosional anak.
b. Buku 2 melambangkan unsur kesehatan, gizi dan pendidikan. Yang mana ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pembentukan kualitas anak
c. Buku 3 melambangkan usia anak intelegasi, pertumbuhan dan perkembangan anak dalam masa iritis 0 hingga 1 tahun, usia 2 hingga 3 tahun dan usia 4 hingga 6 tahun.

6.  Sehat, Cerdas, Ceria

Tulisan sehat cerdas dan ceria menggambarkan tentang tujuan pendidikan anak-anak paud agar menjadi anak yang sehat, cerdas dan ceria baik itu ketika sedang belajar atau anak sudah beranjak dewasa.

Demikian penjelasan singkat tentang arti dan makna dari logo PAUD.

Lambang, logo atau Simbol secara etimologi adalah berasal dari kata symballo dari bahasa Yunani. Symballo artinya kurang lebih melempar atau meletakkan bersama-sama dalam satu ide atau konsep objek yang kelihatan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan. Simbol ini dapat menghantarkan seseorang ke dalam gagasan atau konsep masa depan maupun masa lalu. Simbol adalah gambar, bentuk, atau benda yang mewakili suatu gagasan, benda, ataupun jumlah sesuatu. Meskipun simbol bukanlah nilai itu sendiri, namun simbol sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan penghayatan akan nilai-nilai yang diwakilinya. Simbol dapat digunakan untuk keperluan apa saja. diantaranya; ilmu pengetahuan, kehidupan sosial, juga keagamaan dan kepercayaan.

Lambang atau logo yang selama ini dipakai untuk PAUD mempunyai arti dan maknanya yang khusus, yang dapat dilihat secara Filosofis dalam makna PAUD Pendidikan Anak Usia Dini sebagai bagian ilmu pengetahuan dan pendidikan. Arti dan Makna lambang dan logo PAUD ini adalah sebagai berikut :

Gambar Segi Lima
Lambang lima sila (pancasila) sebagai landasan dasar sikap dan peranan keluarga dalam pendidikan, pemberian gizi dan pemeliharaan kesehatan anak serta penanaman sikap moral bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Orang Tua Menuntun Anak
Lambang Dwi Fungsi Tunggal orang tua yang mengayomi anak dengan memberi kebebasan, namun tetap dalam tuntunan orang tua (Tut Wuri Handayani).

Dua Anak
Lambang kemitrasejajaran anak laki-laki dan perempuan memperoleh asuhan tumbuh kembang yang optimal.

Bulat di Perut
Lambang peran orang tua turut menentukan masa depan anak sedini mungkin Sejak dalam kandungan.

Tiga Buku

Artinya

Melambangkan aspek keimanan, moral, dan emosional anak.
Melambangkan unsur: Kesehatan, Gizi, Pendidikan sebagai unsur yang tidak terpisahkan dalam menentukan kualitas seorang anak.
Melambangkan usia anak intelegasi, pertumbuhan dan perkembangan anak dalam periode iritis: 0-1 tahun, 2-3 tahun, dan 4-6 tahun.
Demikian Arti dan makna Lambang atau logo yang selama ini dipakai untuk PAUD,

C. Arti dan makna logo PAUD AL-ISTIQOMAH KAJEN



Penjelasan arti lambang dan makna logo PAUD dilihat dari sisi filosofinya
1. Bentuk segi lima

Sama seperti logo PAUD umum PAUD AL-ISTIQOMAH KAJEN juga menggunakan segi lima menggambarkan tentang Pancasila yang berisi lima sila.  Yang mana Pancasila (5 sila) merupakan landasan sikap dan peranan keluarga dalam pendidikan, pemberian gizi dan pemeliharaan kesehatan anak serta penanaman sikap moral dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Makna gambar 9 Bintang
logo sembilan bintang bermakna bahwa setiap anak berhak bercita-cita setinggi bintang di langit,  bintang 9 juga bermakna setiap anak mempunyai kecerdasan masing-masing maka jangan paksakan anak untuk menuruti kemauan orang tua. bimbing dan arrahkan serta bekali anak agar Ia menjadi bintang di manapun berada.

3.Makna gambar Matahari
   Logo matahari bermakna PAUD Al-Istiqomah mampu memberikan penerangan bagi daerah, nusa dan bangsa. matahari juga menandakan kecerahan dan penuh keceriaan.

4.  Makna gambar dua anak

Loga dua anak ini bermakna lambang kemitrasejajaran atau persamaan antara anak laki-laki dan anak perempuan dalam memperoleh asuhan tumbuh kembang yang optimal

5. Gambar tulisa PAUD dan tiga buku

Tulisan PAUD Yang di maksud merupakan pendidikan yang di adakan. Sedangkan tiga buku sama seperti pada logo PAUD umum yaitu: Ada tiga makna yang bisa diambil filosofinya yaitu

a. Buku 1 melambangkan aspek keimanan, moral dan emosional anak.
b. Buku 2 melambangkan unsur kesehatan, gizi dan pendidikan. Yang mana ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pembentukan kualitas anak
c. Buku 3 melambangkan usia anak intelegasi, pertumbuhan dan perkembangan anak dalam masa iritis 0 hingga 1 tahun, usia 2 hingga 3 tahun dan usia 4 hingga 6 tahun.

6. Tulisan PAUD AL-ISTIQOMAH KAJEN
  Tulisan PAUD Al-Istiqomah Kajen bermakna nama lembaga pendidikannya. sedang nama kajen di ambil dari nama daerah tempat lembaga pendidikan ini di seenggarakan, lebih lengkapnya yaitu daerah KAJEN Desa Marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.

Sumber dari
http://paudcerdasku.blogspot.co.id/2013/12/arti-logo-paud-cerdas.html
http://tk-asmorobangun-4.blogspot.co.id/2013/09/arti-dan-makna-logo-paud.html
http://sinauwerno-werno.blogspot.co.id/2012/11/makna-dan-arti-logo-paud.html
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/2014/01/lambang-dan-logo-paud-arti-dan-maknanya.html
http://www.al-maghribicendekia.com/2014/05/makna-dan-arti-dari-lambang-logo-paud.html

No comments:

Post a Comment