Agar mudah mengingat saya post ulang
*PANDUAN SHOLAT KUSUF
(SHOLAT GERHANA MATAHARI)*
*_dihimpun oleh Pengurus Cabang
Lembaga Bahtsul Masail NU Lamongan_*
قال الشيخ أبو شجاع :
فصل: وصلاةُ الكسوفِ سُنةٌ مؤكدةٌ فإن فاتتْ
لم تُقضَ. ويُصلي لكسوفِ الشمسِ وخسوفِ القمرِ رَكعتينِ في كلِّ ركعةٍ قيامانِ
يُطيلُ القراءةَ فيهما، وركوعانِ يُطيلُ التسبيحَ فيهما دونَ السجودِ، ويخطُبُ
بعدها خُطبتينِ، ويُسرُّ في كسوفِ الشمسِ ويجهرُ في خسوفِ القمرِ.
_"Sholat gerhana hukumnya
sunah mu'akkad. Jika gerhana selesai maka tidak disyariatkan meng-qodho'nya.
Sholat gerhana matahari dan gerhana bulan ada dua roka'at; dimana dlm satu
roka'at terdapat dua kali berdiri dan bacaan yg panjang dan dua kali ruku' dan
tasbih yg panjang. Setelah sholat berkhutbah dg dua kali khutbah (seperti
Khutbah Jum'at). Bacaan dlm sholat gerhana matahari dilirihkan dan dlm sholat
gerhana bulan dikeraskan"._
*Syarah:*
Shalat gerhana (dilakukan)
berdasar pada terjadinya gerhana, tidak berdasarkan hisab
Shalat gerhana, baik gerhana
matahari ataupun gerhana bulan tidak boleh dikerjakan kecuali kita menyaksikan
sendiri adanya gerhana. Dan atau kita memercayai seorang ahli yang memberi info
terjadinya gerhana.
Rasulullah SAW bersabda,
إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَا
يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ فَإِذَا رَأَيْتُمُوْهُمَا فَصَلُّوْا وَادْعُوْا
حَتَّى يُكْشَفَ مَا بِكُمْ
_"Sesungguhnya matahari
dan bulan tidak mengalami gerhana karena kematian seseorang; karenanya jika
kalian melihat keduanya mengalami gerhana maka sholatlah dan berdoalah sampai
hilang apapun yang ada pada kalian"_
*HUKUM SHALAT GERHANA*
Sunnah mu'akkad bagi orang
laki-laki, perempuan dan semua yang sah melakukan sholat. Lebih utama dilakukan
secara berjama'ah di masjid. Dan boleh juga dilakukan sendiri.
Syaikh Abu Syuja' berkata:,
فصل: وصلاةُ الكسوفِ سُنةٌ مؤكدةٌ .
_"Pasal: Sholat gerhana
adalah sunah mu'akkad"._
قال النووي رحمه الله : ومذهب مالك والشافعي
وأحمد وجمهور العلماء أنه يسن فعلها جماعة وحجة الجمهور الاحاديث الصحيحة في مسلم
وغيره . ( شرح مسلم النووي : ٣ / ٤٧٠ )
_Imam An-Nawawi berkata:,
"Menurut Madzhab Maliki, Syafi'i, Hambali dan mayoritas ulama bahwa sholat
gerhana sunat dilakukan secara berjama'ah"._
قال النووي رحمه الله : فيه استحباب فعلها
في المسجد الذي تصلى فيه الجمعة وفيه استحبابها جماعة وتجوز فرادى وتشرع للمرأة
والعبد والمسافر وسائر من تصح صلاته . ( شرح مسلم النووي : ٣ / ٤٧٣ )
_Imam An-Nawawi berkata,
"Di dalam hadits ini terdapat anjuran melaksanakan jama'ah sholat gerhana
di masjid yang digunakan sholat Jum'at. Boleh juga dilakukan sendiri-sendiri
dan disyariatkan juga untuk wanita, budak, orang yang bepergian dan semua orang
yang sholatnya sah"._
*WAKTU SHOLAT*
Tidak ada waktu tertentu untuk
sholat gerhana, karena sholat ini digantungkan pada peneropongan dan bisa
terjadi sepanjang malam (untuk gerhana rembulan) atau sepanjang hari (untuk
gerhana matahari).
Rasululloh SAW bersabda:
فَإِذَا رَأَيْتُمُوْهَا فَصَلُّوْا
_"karenanya jika kalian
melihat keduanya gerhana maka sholatlah"._
قال ابن حجر رحمه الله: استدل به على أنه لا
وقت لصلاة الكسوف معين لان الصلاة علقت برؤيته وهي ممكنة في كل وقت من النهار. إه.
( فتح الباري : ٢ / ٦٨١ )
_Ibnu Hajar berkata,
"Hadits ini sebagai dalil bahwa sholat gerhana itu tidak memiliki waktu
tertentu, karena sholat itu digantungkan pada peneropongan gerhana dan itu bisa
sepanjang hari (bagi gerhana matahari)._
*AKHIR WAKTU SHOLAT*
Waktu sholat gerhana habis
dengan pulihnya bulan 100% atau dengan terbitnya matahari, bukan terbitnya
fajar. Seseorang tidak disunahkan meng-qodho' sholat gerhana tersebut setelah
waktu habis.
قال الشربيني رحمه الله : وفوات صلاة كسوف
الشمس بالانجلاء وبغروبها كاسفة وفوات صلاة خسوف القمر بالانجلاء وطلوع الشمس لا
بطلوع الفجر .( الإقناع : ١ / ١٩٨ )
_Imam Asy-Syarbini berkata:,
"Habisnya waktu sholat gerhana matahari dengan pulihnya matahari atau
tenggelamnya matahari. Dan habisnya waktu sholat gerhana bulan dengan pulihnya
bulan atau dengan terbitnya matahari, bukan dengan terbitnya fajar._
قال ابن حجر رحمه الله : اتفقوا على أنها لا
تقضى بعد الانجلاء . ( فتح الباري : ٢ / ٦٨١ )
_Imam Ibnu Hajar berkata,
"Fuqaha sepakat bahwa sholat gerhana tidak di-qodho' setelah pulihnya
bulan / matahari"._
*NIDA' (PANGGILAN) UNTUK SHOLAT
GERHANA*
Nida' atau ajakan untuk
melakukan sholat gerhana cukup dengan ucapan: "الصلاة جامعة" [Ash-Sholatu Jami’ah]
عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما : لما
كسفت الشمس على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نودي : إن الصلاة جامعة ( رواه
البخاري )
_Abdulloh bin Amr berkata,
"Ketika terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah SAW diucapkan Inna
ash-Sholata Jami'ah" (HR. al-Bukhari)_
*TATA CARA SHOLAT GERHANA*
Ketika jamaah sudah berkumpul
dan gerhana mulai terjadi maka Bilal menyerukan sholat dengan membaca seruan
الصَّلَاةُ
جَامِعَةٌ
*IMAM:*
1. Takbirotul
ihrom bersama niat sholat kusuf lillahi ta'ala
2. Doa
iftitah, taawudz
3. Membaca
surat Al-Fatihah dan surat lain (kesunnahannya membaca Q.S Al-Baqarah atau boleh
juga membaca surat pendek ) secara sirri (pelan tanpa dikeraskan), karena ini
adalah sholat gerhana matahari. Jika dalam sholat gerhana bulan, surat
Al-Fatihah dan surat lainnya dibaca jahr (suara keras)
4. Ruku'
5. Bangkit
dari ruku' dengan bacaan tasmi' (سمع الله لمن حمده)
6. Membaca
surat al-fatihah ke 2 dan surat lain (sunnahnya baca Q.S Ali Imran atau boleh
juga membaca surat pendek ) secara sirri
7. Ruku' yang
ke 2
8. bangkit
dari ruku' (i'tidal).
9. Sujud dua
kali.
10.
Melanjutkan rakaat yang ke dua.
Berdiri
untuk Membaca surat al-Fatihah dan dan surat lain (sunnahnya baca Q.S an-Nisa
atau boleh juga baca surat pendek ) secara sirri
11. Ruku'
12. Bangkit
dari ruku'
13. Membaca
surat Al-Fatihah lagi dan surat lain (sunnahnya baca Q.S Al-Ma'idah atau boleh
juga baca surat pendek ) secara sirri
14. Ruku' lagi
15. bangkit
dari ruku' (i'tidal).
16. Sujud dua
kali.
17. Tasyahhud
akhir
18. Salam
----------------------
قال ابو شجاع رحمه الله : ويصلي لكسوف الشمس
وخسوف القمر ركعتين في كل ركعة قيامان يطيل القراءة فيهما وركوعان يطيل التسبيح
فيهما . ( التذهيب : ٧٩ )
_Asy-Syaikh Abu Syuja'
berkata,: "Sholat gerhana matahari/bulan dilakukan dua roka'at. Di setiap
roka'at terdapat dua kali berdiri, bacaan panjang dalam keduanya dan dua kali
ruku' dengan membaca tasbih yang panjang._
عن عائشة، زوج النبي صلى الله عليه وسلم
قالت: خسفت الشمس في حياة رسول الله صلى الله عليه وسلم، فخرج رسول الله صلى الله
عليه وسلم إلى المسجد، فقام وكبر، وصف الناس وراءه، فاقترأ رسول الله صلى الله
عليه وسلم قراءة طويلة، ثم كبر، فركع ركوعا طويلا، ثم رفع رأسه، فقال: سمع الله
لمن حمده ربنا ولك الحمد، ثم قام، فاقترأ قراءة طويلة، هي أدنى من القراءة الأولى،
ثم كبر فركع ركوعا طويلا، هو أدنى من الركوع الأول، ثم قال سمع الله لمن حمده ربنا
ولك الحمد، ثم سجد، ثم فعل في الركعة الأخرى مثل ذلك، رواه مسلم
*_Catatan:_*
_Makmum masbuk yang mendapati
imam dalam ruku' kedua tidak dianggap mendapatkan satu rakaat, karena ruku'
kedua hukumnya sunnah._
قال الحصني رحمه الله : ولو أدرك المسبوق
الإمام في الركوع الثاني لم يدرك الركعة على المذهب لان الركوع الثاني يتبع الأول
. ( كفاية الأخيار : ١٥٢ )
_Imam Al-Hishni: "Andai
makmum mendapati imam dalam ruku' kedua maka ia tidak dihitung mendapatkan satu
rakaat, karena ruku' kedua mengikuti mengikuti ruku' pertama._
*BILAL*
Sebagaimana dalam shalat
Jum’at, dalam shalat Kusuf pun dianjurkan adanya bilal yang “menaikkan” khotib.
Keberadaan muraqqi (bilal yang “menaikkan” Khotib) meski tidak pernah secara
langsung dicontohkan oleh Rasulullah SAW ataupun para Khulafaur Rasyidin
setelah beliau, tetapi maksud yang dikandung dalam pembacaan oleh bilal /
muraqqi ini dianjurkan oleh Rasulullah, karena Rasul memerintahkan untuk inshat
(memperhatikan) terhadap khutbah. Dengan demikian, adanya bilal atau muraqqi
bukanlah bid’ah.
وعبارة ح ل واتخاذ المرقى بدعة حسنة لم تفعل
في عهده - صلى الله عليه وسلم - ولا عهد الخلفاء الثلاثة بعده كذا في عبارة شيخنا.
وعبارة غيره حدث بعد الصدر الأول قال حج وأقول يستدل لذلك أي للسنة بأنه «صلى الله
عليه وسلم أمر من يستنصت له الناس عند إرادته خطبة منى في حجة الوداع» وهذا شأن
المرقى فلا يدخل في حد البدعة أصلا انتهت. (حاشية الجمل الجزء 2 ص: 35 مكتبة دار
الفكر)
_Ungkapan Al-Halabi:
“Mengadakan muraqqi adalah bid’ah hasanah, tidak pernah dilakukan di masa Rasul
SAW. pun juga di masa tiga khalifah setelah beliau”. Demikian dalam ungkapan
guru kami. Redaksi selain beliau (adalah sebagai berikut..) Muraqqi muncul setelah
generasi pertama. Syaikh Ibnu Hajar berkata “Aku katakan, bahwa kesunnahan
adanya muraqqi diambilkan dalil dari hadis, bahwa Rasul SAW. memerintah
seseorang agar menyuruh jamaah memperhatikan khutbah beliau, saat beliau hendak
berkhutbah di Mina pada Haji Wada’. Dan, semacam inilah tugas muraqqi, maka
mengadakan muraqqi tidak termasuk kategori bid’ah sama sekali”_
Pada praktiknya, setelah
selesai sholat maka Bilal berdiri di depan mimbar menghadap jama’ah
kemudian mengucapkan :
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ..
الَّذِيْ لَا إِلٰهَ إلَّا هُوَ الْحَيَّ
الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ.
يَامَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ
الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ..
رُوِيَ عَنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ، لَا
يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذٰلِكَ
فَصَلُّوْا وَادْعُوْا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ.
أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا
رَحِمَكُمُ اللهُ،
أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا
آجَرَكُمُ اللهُ،
أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا
لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ..
Khotib maju untuk menerima
tongkat kemudian berhenti dengan posisi menghadap ke arah qiblat.
Kemudian Bilal mengucapkan doa
sebagai berikut :
اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ،
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.
اَللّٰهُمَّ قَوِّ الْإسْلَامَ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ
وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، اَلْأَحْيَاءَ مِنْهُمْ
وَالْأَمْوَاتَ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى مُعَانِدِي الدِّيْنِ، يَارَبِّ اخْتِمْ
لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ، وَ يَاخَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَا أرْحَمَ
الرَّاحِمِيْنَ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ.
Khotib naik ke mimbar dan
menghadap ke jamaah lalu berucap salam
Kemudian Khotib duduk sejenak
dan bilal membaca istighfar dengan suara yang keras (dalam keadaan duduk):
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ..
الَّذِيْ لَا إِلٰهَ إلَّا هُوَ الْحَيَّ
الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ.
*KHUTBAH*
Dalam rangkaian sholat kusuf
secara berjama’ah, diadakan khutbah yang dilaksanakan setelah sholat,
sebagaimana dalam sholat Ied. Jika dalam sholat Ied dibacakan takbir 9 kali di
khutbah pertama, dan takbir 7 kali di khutbah kedua, maka dalam sholat Kusuf bacaan
takbir diganti istighfar. Sedangkan, rukun-rukun khutbah sholat kusuf sama
seperti khutbah Jum’at.
Isi khutbah dianjurkan berisi
motivasi melakukan taubat nashuha, memperbayak istighfar, sedekah, dan
lain-lain. Serta menjelaskan bahwa gerhana adalah bagian dari fenomena alam dan
tanda kekuasaan Allah. Tidak benar jika gerhana dimitoskan dengan berbagai
tahayul, seperti matahari dimakan "bethorokolo", dan lain-lain.
==================
ويسن بعدها للجماعة خطبتان كخطبتي العيد
لكنه يستغفر الله تعالى في أول الأولى منهما تسع مرات وفي أول الثانية سبعا
(الرياض البديعة ص: 47)
_Dan disunnahkan setelah sholat
kusuf bagi jamaah, melakukan dua khutbah seperti dua khutbah hari raya, akan
tetapi khotib memohon ampun kepada Allah di awal khutbah pertama dari dua khutbah
sebanyak sembilan kali, dan di awal khutbah kedua membaca istighfar sebanyak
tujuh kali_
ويخطب الإمام في الكسوفين ولو بعد الانجلاء
كخطبتي العيد لكن لا يكبر فيهما ، قال بعضهم ويحسن أن يستغفر لأنه لائق بالحال لأن
الكسوف مما يخوف الله به عباده ، ولا يشترط فيهما شروط خطبة الجمعة ، بل تسن كما
في خطبة العيدين ، ولا يكفي خطبة واحدة. (نهاية الزين ص: )
_Imam berkhutbah dalam dua
sholat gerhana meski gerhana telah pulih, sebagaimana dua khutbah hari raya,
akan tetapi khotib tidak perlu membaca takbir dalam dua khutbah tersebut.
Sebagian ulama berkata: “Dan baik jika khotib membaca istighfar, karena hal itu
sesuai dengan keadaan, karena gerhana adalah sebagian dari hal yang dengannya
Allah membikin takut para hambaNya”. Dan tidak disyaratkan dalam dua khutbah tersebut,
syarat-syaratnya khutbah Jumat, akan tetapi disunnahkan, sebagaimana khutbah
dua hari raya. Dan tidak cukup dengan satu kali khutbah._
ويحث الخطيب فيهما السامعين على فعل الخير
من توبة وصدقة وعتق ويحذرهم من الغفلة والتمادي في الغرور ويذكر ما يناسب الحال
(الثمار اليانعة ص: 47)
_Dan khotib hendaknya
menganjurkan para pendengar untuk melakukan perbuatan baik, seperti taubat,
sedekah, dan memerdekakan budak; serta memberi peringatan kepada hadirin dari
lalai, dan terjerumus dalam ketertipuan / kesombongan. Khotib juga hendaknya
menuturkan hal-hal yang relevan dengan keadaan._
(ويسن بعدها) أي الصلاة (للجماعة) ولو لاثنين
إلا لمنفرد ولو مسافرين وصلوا فرادى وإن خرج الوقت (خطبتان كخطبتي الجمعة) في
الأركان والسنن دون الشروط كالقيام والستر والطهارة والجلوس بينهما . ويسن الجلوس
قبيلهما للاستراحة نعم لا بد في أداء السنة وصحة الخطبة من الإسماع بالفعل والسماع
ولو بالقوة ولو لواحد وكون الخطبة عربية وكون الخطيب ذكرا ولو لجماعة النساء
(الرياض البديعة مع الثمار اليانعة ص: 46)
_(Dan disunnahkan setelahnya)
yakni setelah sholat (untuk jamaah) meski untuk dua orang, kecuali untuk orang
yang sendirian, meski dua orang tersebut musafir dan sholat sendiri-sendiri,
meski waktu telah keluar (untuk melakukan dua khutbah sebagaimana dua khutbah
sholat Jum’at) dalam hal rukun-rukun dan sunnah-sunnahnya, bukan
syarat-syaratnya seperti berdiri, menutup aurat, suci, duduk di antara dua
khutbah. Dan disunnahkan duduk sesaat sebelum melakukan dua khutbah, untuk
istirahat. Ya [tidak disyaratkan hal-hal tersebut], tetapi demi terlaksananya
kesunnahan dan keabsahan khutbah, diharuskan memperdengarkan khutbah secara
nyata, dan mendengar khutbah meski secara potensial meski untuk satu orang, dan
khutbah dengan bahasa Arab, khotib harus lelaki meski untuk jamaah perempuan_
*BACAAN BILAL SAAT KHOTIB DUDUK
DIANTARA DUA KHUTBAH*
ketika Khatib duduk diantara
dua khutbah Bilal membaca:
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Lalu setelah itu Khotib
melanjutkan lagi khutbah ke-2 sampai Selesai.
------------------------
قال الشافعي وإسحاق وابن جرير وفقهاء أصحاب
الحديث : يستحب بعدها خطبتان . ( شرح مسلم للنووي : ٢ / ٤٧٢ )
_Imam Asy-Syafi'i, Ishaq, Ibnu
Jarir dan fuqaha ahli hadits menyatakan, "Disunahkan setelah sholat
gerhana berkhutbah dua kali"._
*HAL-HAL YANG DIANJURKAN SAAT
GERHANA*
1. Memperbanyak doa
2. Bertakbir mengagungkan Allah
3. Sholat gerhana
4. Sedekah
عن عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول
الله صلى الله عليه وسلم فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللهَ وَكَبِّرُوْا
وَصَلُّوْا وَتَصَدَّقُوْا . (رواه البخاري)
_Rasululloh bersabda,
"Bila kalian menyaksikan gerhana maka berdo'alah, agungkan Allah dg
takbir, sholatlah dan bersedekahlah" (HR. al-Bukhari)_
5. Mohon perlindungan dari
adzab kubur
قال البخاري رحمه الله : باب التعوذ من عذاب
القبر ( ثم أمرهم أن يتعوذوا من عذاب القبر ) رواه البخاري
_"Kemudian beliau
memerintahkan mereka untuk memohon perlindungan dari siksa kubur" (HR.
al-Bukhari)_
6. Memperbanyak istighfar
عن أبي موسى رضي الله عنه قال : قال رسول
الله صلى الله عليه وسلم : فَإِذَا رَأَيْتُمْ شَيْئًا مِنْ ذَلِكَ فَافْزَعُوْا
إِلَى ذِكْرِهِ وَدُعَائِهِ وَاسْتِغْفَارِهِ (رواه البخاري)
_Rasululloh SAW bersabda,
"Jika kalian menyaksikan gerhana itu maka bersegeralah ingat Allah
(dzikir), berdo'a dan beristighfar". (HR. al-Bukhari)_
قال ابن حجر رحمه الله : وفيه الندب إلى
الاستغفار وغيره مما يدفع به البلاء . ( فتح الباري : ٢ / ٧٠٥ )
Hadits ini menganjurkan untuk
memperbanyak istighfar dan lainnya yg bisa menangkal musibah (Fathul Bari: II /
705)
7. Mempertebal rasa takut
kepada Allah dan menangis.
نظر طاووس إلى الشمس وقد انكسفت فبكى حتى
كاد يموت وقال : هي أخوف لله منا . ( فتح الباري : ٢ / ٦٩٣ )
_Imam Thowus senantiasa
memandangi matahari yang mengalami gerhana, lalu menangis sampai hampir mati
dan berkata, "Dia lebih takut kepada Allah daripada kita"_
*LARANGAN-LARANGAN SAAT
GERHANA*
Banyak tertawa, bermain-main
dan yang lebih parah menetapi kemaksiatan dan melanggar hukum Allah dan
rasul-Nya.
قال ابن حجر رحمه الله : وفي حديث عائشة من
الفوائد المبادرة إلى الصلاة وسائر ما ذكر عند الكسوف والزجر عن كثرة الضحك والحث
على كثرة البكاء والتحقق بما يصير إليه المرء من الموت والفناء والاعتبار بآيات
الله . ( فتح الباري : ٢ / ٦٨٦ )
_Ibnu Hajar berkata, Dalam
hadits Aisyah Ra. terdapat beberapa pelajaran: bersegera sholat gerhana dan
hal-hal yg disunahkan ketika gerhana, tdk banyak tertawa, anjuran
menangis, menghadirkan kondisi diri saat kematian, tubuh sirna dan belajar dari
ayat-ayat Allah._
*PANDUAN PRAKTIS TATA LAKSANA
SHOLAT GERHANA*
1. Membaca Istighfar
bersama-sama;
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ ×٣
مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ عَظِيْم.
2. Ketika dirasa siap untuk
dilaksanakan sholat gerhana, bilal mengumandangkan bacaan tanda dimulainya
sholat, yakni membaca:
“اَلصَّلَاةُ جَامِعَة
!!”
3. Pelaksanaan sholat gerhana.
4. Selesai sholat, bilal maju
mengambil tongkat kemudian menghadap ke jama’ah dan dilanjutkan membaca:
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ..
الَّذِيْ لَا إِلٰهَ إلَّا هُوَ الْحَيَّ
الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ.
يَامَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ
الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ..
رُوِيَ عَنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ﷺ: إِنَّ الشَّمْسَ
وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ، لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا
لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذٰلِكَ فَصَلُّوْا وَادْعُوْا حَتَّى يَنْكَشِفَ
مَا بِكُمْ.
أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا
رَحِمَكُمُ اللهُ،
أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا
آجَرَكُمُ اللهُ،
أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا
لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ..
5. Khotib maju untuk menerima
tongkat kemudian berhenti dengan posisi menghadap ke arah qiblat.
6. Kemudian bilal membaca do’a:
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ،
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.
اَللّٰهُمَّ قَوِّ الْإسْلَامَ،
وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ،
اَلْأَحْيَاءَ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتَ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى مُعَانِدِي
الدِّيْنِ، يَارَبِّ اخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ، وَ يَاخَيْرَ
النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَا أرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ.
7. Setelah itu, Khotib
mengucapkan salam kepada jama’ah.
8. Kemudian Khotib duduk
sejenak dan bilal membaca istighfar dengan suara yang keras (dalam keadaan
duduk):
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ..
الَّذِيْ لَا إِلٰهَ إلَّا هُوَ الْحَيَّ
الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ.
9. Selanjutnya khotib
melaksanakan khutbah. Setelah selesai khutbah pertama, khotib duduk sebentar,
lalu bilal membaca istighfar dengan suara yang keras. Bacaan istighfar itu
seperti:
أَسْتَغْفِرُ
اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ
اللهَ الْعَظِيْمَ،
أَسْتَغْفِرُ
اللهَ الْعَظِيْمَ..
الَّذِيْ
لَا إِلٰهَ إلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ.
10. Kemudian khotib berdiri
untuk meneruskan khutbah kedua sampai selesai.
Keterangan: Dalam khutbah
gerhana, tidak disyaratkan Muwalah, namun hanya disunnahkan saja.
No comments:
Post a Comment